Total Pengunjung

Counters

Perangkat Jaringan

HUB

Hub merupakan alat yang mempunyai fungsi sebagai tempat untuk menerima file-file data dari komputer untuk kemudian meneruskannya ke komputer atau tempat lain pada suatu jarungan. Hub biasanya digunakan pada jaringan bertopologi star. Batas maksimum paralel antar hub adalah tiga buah hub. Apabila jumlah paralel antar hublebih dari 3 bush, maka untuk menghubungkan jaringan kita membutuhkan sebuah router. Masing-masing hub memiliki jumlah port yang berbeda-beda, mulai dari 5 port sampai 64 port.

SWITCH

Switch sebenarnya hampir sama dengan hub. Perbedaan antara switch dengan hub adalah :
• Kecepatan akses switch lebih cepat daripada hub. Contohnya jika kecepatan akses switch 100 Mbps maka keluaran kecepatan akses komputer client tetap 100 Mbps berapapun jumlah clientnya. Sementara pada hub apabila terdapat 4 buah client, maka kecepatan aksesnya dibagi menjadi 4 atau masing-masing client memperoleh kecepatan akses 25 Mbps.
• Switch hanya mentransfer data yang diterimanya, kemudian kemeruskan hanya pada port yang dituju saja. Adapun hub membroadcast data yang masuk pada semua port yang dimilikinya.

REPEATER

Repeater merupakan alat yang dapat menerima sinyal digital dan memperkuatnya untuk diteruskan kembali. Repeater juga dapat memperjauh jarak transmisi data. Repeater bekerja pada level Physical Layer dalam model jaringan OSI. Tugas utama dari repeater adalah menerima sinyal dari satu kabel Lan dan memancarkannya kembali ke kabel Lan yang lain. Pada jaringan wireless, repeater diletakkan pada gedung-gedung yang tinggi, menara pemancar, atau dipuncak gunung. Hal ini bertujuan agar sinyal yang diterima atau dipancarkan dapat diterima dengan baik. Dengan adanya repeater , jarak gelombang yang dapat ditempuh oleh jaringan wireless juga menjadi semakin jauh.

ROUTER

Router merupakan suatu alat atau program aplikasi yang berfungsi menentukan pada titik mana suatu paket data harus diteruskan ke jaringan yang lain. Router akan memilih jalan terdekat untuk melewatkan paket aplikasi data. Aplikasi-aplikasi data yang terdapat pada router, jika telah terinstall pada sebuah komputer dinamakan PC Router. Fungsi utama router adalah untuk men-routingkan paket-paket data dengan suatu segmen jaringan yang berbeda.
Router biasanya terletak pada suatu gateway yang terhubung dengan jaringan. Router memiliki suatu daftar dari rute-rute yang akan dijadikan sebagai jalan bagi suatu paket data. Dengan demikian router mampu memilih rute terbaik untuk paket data. Kemampuan raouter tersebut disebut sebagai routing table (tabel routig).
Keuntungan menggunakan router :
• Router dapat kita gunakan pada topologi jaringan apapun.
• Dalam router terdapat suatu titik broadcast yang dapat memperkecil beban network.
• Router tidak peka terhadap masalah kelambatan waktu seperti yang dialami jika menggunakan bridge.
• Router umumnya dapat lebih mudah kita konfigurasi daripada brisge.
• Router dapat menentukan jalur optimal antar dua sistem dan mengatur prioritas antar protokol.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

4 komentar: on "Perangkat Jaringan"

duduk diam dapat duit mengatakan...

master jaringan ya mas..?!!! keren....!!!!

Erik.jogja mengatakan...

wah mas ari...Ngeblog ya mas..sip lanjutkan..

Posting Komentar