Total Pengunjung

Counters

Perbaikan Keyboard

Dari beberapa cerita atau pengalaman temen2 tentang masalah keyboard yang sering dihadapi, diantaranya adalah :

Keyboard Error Or No Keybord

Pesan ini tampil pada saat komputer start. Seperti diuraikan dimuka bahwa pada saat komputer melakukan POST, maka seluruh perangkat yang ada pada komputer tersebut akan diperiksa kondisinya. Demikian juga dengan keyboard. Jika pada saat diperiksa ternyata ada masalah dengan keyboard, maka komputer akan menampilkan pesan seprti diatas. Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan timbulnya masalah ini, yaitu:

1). Keybord belum terpasang dengan benar pada konektornya. Cobalah periksa dan betulkan koneksinya. Kemudian hidupkan kembali komputer.

2). Salah satu kabel keyboard ada yang putus, cobalah periksa. Jika perlu cobalah periksa dengan memasang keyboard lain.

3). Salah satu atau beberapa tombol pada keyboard tertekan pada saat proses POST. Akibat tertekannya tombol tersebut, maka computer akan mengenali sebagai adanya rangkaian yang terhubung singkat pada keyboard. Masalah ini biasa nya juga diti dengan bunyi bip pendek yang terus menerus. Untuk itu coba periksa tombol-tombol yang ada pada keyboard.

4). Diluar kemungkinan diatas, maka kemungkinan kerusakan adalah pada rangkaian elektronik pada keyboard atau rusaknya rangkaian kontroler keyboard pada mainboard (misalnya pada BIOS keyboardnya). Untuk memastikan hal ini, cobalah periksa dengan bantuan keyboard lain. Jika setelah ganti dengan keyboard yang normal ternyata masalah tersebut masih berlanjut, maka dapat dipastikan bahwa kerusakan pada rangkaian kontroler keyboard yang ada di mainboard.

Ketikan Rangkap (Respon Keyboard Terlalu Cepat)

Seringkali kita merasakan bahwa keyboard yang dipergunakan terlalu peka atau terlalu cepat merespon penekanan tombol sehingga seringkali tombol yang ditekan akan menghasilkan cetakan rangkap (berulang). Sebagai contoh, pada saat menekan tambol a dengan sekali sentuh untuk mengetik a ternyata yang terketik atau tercetak adalah aa atau bahkan aaa. Dengan adanya kejadian seperti ini, harus sering menggunakan tombol backspace untuk menghapus kelebihan huruf yang tidak semestinya.

Masalah seperti ini sering timbul karena keyboard sudah lemah atau kotor pada tombol-tombolnya. Sehingga pada saat tombol tersebut ditekan, tombol tidak segera kembali keposisi semula. Akibatnya penekanan tombol ini akan terbaca sebagai penekan tombol beberapa kali. Jika permasalannya adalah kotor, bisa mencoba untuk membersihkan bagian dalam dari keyboard tersebut setelah sebelumnya buka tutup dari rangkaian keyboard tersebut. Namun jika masalahnya adalah lemahnya tombol, bisa menggaanti tombol yang lemah tersebut. Meski demikian, pada keyboard-keyboard jenis baru tidak memungkinkan untuk dilakukannya hal tersebut. Hal ini keyboard dibuat dengan menggunakan sebuah lembaran plastik yang dilapisi dengan karbon sebagai penghantarnya.

Hal lain yang munkin menjadi penyabab tejadinya masalah ini adalah, karena setup typematic rate pada BIOS. Dengan periode waktu yang semakin pendek pada typematic rate ini akan menyebabkan periode pembacaan respon dari keyboard menjadi lebih sering (periode waktu yang pendek). Jika keyboard ditekan agak lama (melebihi waktu pada type matic rate) maka komputer akan membacanya sebagai penekanan tombol beberapakali. Untuk mengatasi hal ini, gantilah seting pada setup BIOS dengan typematic lebih panjang, atau seet kedefaultnya.

Permasalahan Lain Di Seputar Keyboard

Selain permasalahan yang telah diuraikan diatas, mungkin juga pernah mengalami permasalahan lain sehubungan dengan penggunaan keyboard. Sehingga merasa kurang nyaman saat mengetik. Untuk itu., perlu perhatikan kebersihan dari keyboard. Karena kakeyboard yang kotor akan membuat tombol-tombol pada keyboard tidak lancar. Selain itu, sebaiknya perhatikan jenis keyboard yang cocok. Beberapa orang justru lebih menyukai keyboard yang agak keras seperti mesin ketik manual. Namun banyak juga yang sebaliknya. Demikian juga dengan keyboard, sebaiknya memilih keyboard yang sesuai dengan posisi tempat kerja.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

1 komentar: on "Perbaikan Keyboard"

LOVELYZ TRILOGY mengatakan...

mantap jiwa gan.. makasih banyak sudahs haring solder uap

Posting Komentar