Total Pengunjung

Counters

Masalah Mouse

Perbaikan Mouse

Mouse Tidak Dikenali

Untuk yang menggunakan system operasi windows, keberadaan mouse hampir sama pentingnya dengan keyboard. Karena untuk pengoperasian komputer secara efektif, tidak mungkin hanya menggunakan keyboard. Oleh sebab itu,jika pada saat menghidupkan komputer ternyata mouse tidak dikenali, mungkin akan cukup membingungkan karena harus bekerja hanya dengan keyboard.

1). Kabel mouse terbubung kurang sempurna pada konektor port mouse dikomputer. Untuk itu cobalah periksa hubungan kabel tersebut, serta periksa pula kemungkinan adanya kabel mouse yang terputus.

2).

Gambar 2.3 : Device driver mouse pada System Properties

Device drive untuk mouse tidak terintal dengan benar pada computer dengan system operasi DOS , system aplikasi yang jalan di atasnya membutuhkan pemanggilan device drive mouse untuk bisa jalan dengan menggunakan alat Bantu mouse . Pemanggilan device drive mouse ini bisa dengan menempatkannya pada file CONFIG.SYS atau AUTOEXEC.BAT. Untuk itu, bisa memeriksa kedua file tersebut dan lokasi tempat file device drive mouse itu berada . Sedangkan pada system operasi Windows , bisa memeriksa pada Device Manager dari Sustem Properties , seperti ditunjukan pada gambar 2.3 .

3). Mouse atau port mouse ( serial port atau pert PS/2 mouse ) rusak, untuk memastikannya bisa mencoba untuk menukar mouse dengan mouse yang lain atau mencoba mouse pada computer yang lain . Namun , bisa mencoba memeriksa terlebih dahulu dengan melihat oada konfigurasui system windows ,yaitu npada Device manager dari System Properties.

Untuk lebih jelasnya, bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :

1). Periksa apakah ada device driver mouse pada system operasi , yaitu dengan membuka Device manager pada System properties , kemudian periksa apakah ada device Mouse , seperti ditunjukan pada gambar 159 di atas . Jika tidak ada , maka bisa mencoba menambah device drive tersebut dengaan mengunakan fasilitas Add New Hardware dan biarkan Windaws mencoba menditeksi keberadaan perangkat baru ( dalam hal ini mouse) .

2). Jika pada Device Manager terdapat device drive mouse , maka cobalah periksa device drive tersebut. Jika device drive mouse terdapat tseru, artinya mouse mengalami konflik , coba periksa device drive pada serial port ( COM port ) untuk mouse yang menggunakan serial port .

3). Jika pada device driver port mouse maupun serial port tidak ada masalah maka kemungkinanya adalah mouse yang rusak . Untuk lebih memastikan hal ini, bisa mencoba menukar mouse.

4). Namun jika serial port yang bermasalah (konflik),maka bisa memperbaiki device driver tersebut ,yaitu dengan cara memilih device driver tersebut,tekan DEL untuk me-remove device driver tersebut.Kemudian keluar dari System Properties dengan menekan Alt+F4 .Selanjutnya booting ulang computer.Jika serial port normal,maka pada saat computer boot,Windows akan mendeteksi keberadaan port tersebut.Dan selanjutnya,jika mouse terhubung pada port tersebut maka akan terdeteksi dengan sendirinya

5). Jika pada langkah diatas serial port tidak terditeksi , cobalah cari dengan Add New Hardware dan biarkan windows mencoba menditeksi keberadaan port tersebut. Dan jika sampai pada tahap ini pun port tidak ditemukan maka ada kemungkinan serial port yang bermasalah. Periksalah setup pada BIOS , yaitu pada Onboard serial port, Apakah setup port tersebut sudah sesuai. Jika belum sesuai dan port tidak terditeksi , maka kemungkinannya adalah serial yang rusak .

6). Untuk memperbaiki serial port , bisa mengganti serial port tersebut dengan memasang multi I/O card. Jika serial port on-board pada mainboard maka harus men-disable setup pada BIOS.

7). setelah serial port ganti maaka pindah mouse serial ke port baru

Mouse Tidak Berfungsi Sebagaimana Mestinya

Masalah lain tidak terjadi adalah tidak berfungsi mouse sebagaimana mestinya , yaitu bahwa mouse dikenali keberadadaanya oleh system operassinya namun tidak berjalan dengan normal. Ketidak normalan tersebut adalah :

1). Mouse dikenali namun tidak bisa berfungsi. Ini sering dialami untuk mereka yang menggunakan system operasi windows. Mouse hanya tampil berupa kursor atau tanda panah atau tanda lain ditengah-tengah layer monitor, dan tidak bisa digerakkan . Hal ini biasadisebabkan karena mouse yang rusak atau device driver yang ada tidak sesuai. Untuk mengatasinya , bisa me-remove device driver mouse dari Device Manager, kemudian didektesi lagi keberadaan mouse. Jika mouse tidak dikenali, maka bisa memeriksa kemungkinan-kemungkinan pada uraian sebelumnya. Namun jika mouse terditeksi dan tetap tidak tidak berfungsi dengan baik , maka kemungkinannya mouse yang rusak. Cobalah ganti dengan mouse yang masih baik.

2). Mouse berjalan tersendat-sendat atau kursor melompat-lompat. Cobalah perbaharui device driver mouse . Atau atur kecepatan mouse pada item mouse dari Control Panel, yaitu pada tab Motion dari Mouse Properties. Sebagaimana ditunjukkan pada Gambar 2.4. Jika ini belum berhasil, cobalah buka dan bersihkan tempat bola mouse.

3). Jika tombol-tombol pada mouse tidak merespon dengan baik, cobalah atur melalui fasilitas pengaturan kecepatan klik mouse pada item mouse dari Control Panel, yaitu tab Button dari Mouse Properties, seperti pada Gambar 161. Selain itu bisa coba membersihkan tombol mouse dengan bantuan cairan contact cleaner, tentunya harus membuka tutup mouse terlebih dulu.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Masalah Mouse"

Poskan Komentar