Total Pengunjung

Counters

Memahami Firewall

Firewall kita gunakan untuk membatasi akses antara dua jaringan yang saling terhubung, yaitu jaringan internal dengan internet. Firewall diletakkan di antara kedua jaringan tersebut, sehingga semua informasi yang keluar maupun yagn masuk harus melewati firewall.
Tujuan utama firewall adalah menjaga agar akses internal maupun eksternal dari orang yang tidak berwenang atau tidak mempunyai akses tidak dapat dilakukan. Firewall merupakan suatu cara yang efektif untuk melindungi jaringan dari ancaman gangguan lewat internet. Selain itu, firewall dalam jaringan computer membatasi dan menjaga kerusakan pada satu bagian jaringan agar tidak menyebar ke bagian lain dalam jaringan.

Beberapa tugas firewall antara lain :

Melakukan Filtering

Yaitu mengharuskan semua traffic yang ada untuk dilewatkan melalui firewall bagi semua proses pemberian dan pemanfaatan layanan informasi. Jadi semua aliran paket data dari dan menuju firewall, diseleksi berdasarkan nomor IP address, alamat port, maupun arahnya.

Mengimplementasikan Kebijakan Security

Dalam suatu jaringan, firewall harus dapat mengetahui siapa saja yang boleh masuk atau mengakses sistem. Apabila akses tersebut tidak diperbolehkan, maka firewall harus berupaya menggagalkan akses tersebut sesuai dengan kebijakan security yang telah diberikan.

Sebagai Alat Perekam

Firewall juga harus dapat mencatat atau merekam semua informasi atau peristiwa-peristiwa mencurigakan yang telah masuk ataupun keluar melaluinya. Hal ini dapat memperingatkan administrator terhadap usaha-usaha apa saja yang dapat membahayakan sistem tersebut.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

2 komentar: on "Memahami Firewall"

ari mengatakan...

wah terimakasih infonya sobat, tapi terus terang saya lebih tertarik peda tulisan yg melayang-layang mengikuti cursor mouse di blog ini. bagaimana membuatnya (maklum nih pemula dalam hal ginian hehehe...)

salam kenal,
sukses selalu

Anonim mengatakan...

Postingan yang bagus, tulisannya jngan war hijau dong...,dibacanya ngga jelas nich...!

Posting Komentar